
![]() |
@beice | |
Addu'aa'u mukhkhul ibaadati Doa adalah intisari ibadah(HR. Tirmidzi) |
||
46
Replies
3605
Views
0 Bookmarks
|
Page #: 1/3 |
![]() |
@beice | 17 October 08 |
Saat ini m ia hdup dlm suasana materialisme. Mksdny adlh bhw m ia modern saat ini meletakkan faktor2 yg tertangkap oleh akal dan panca indra sbg faktor penting dlm khidpn qt. Tdk jarang sgl keputusn qt mempertimbngkn hal2 yg bersifat materi ini. Baru ktk faktor2 materi ini hilang, qt baru mulai menengok cara2 pemecahan masalah melalui pendekatan spiritual atau kerohanian. Seprti doa, istighotsah, istikharah atau lelaku spiritual lainya.
|
||
![]() |
@beice | 17 October 08 |
Sbgn besar masyrkt modern saat ini hny meletakkn faktor2 fisik sbg satu2ny alat dan pertimbngan dlm menghdpi permasalahn kehdpan. Ktk faktor2 fisik ini tdk mrk dptkn, mrk mjd putus asa. Bhkn tak jarang keputusasaan ini menimbulkn berbagai penyimpangn kejiwaan. Sprti depresi, shock dsb.
|
||
![]() |
@beice | 17 October 08 |
Dlm islam Allah memandang sgl permasalahn scr adil. Aspek2 fisik dan aspek2 ruhani mendpt perhatiaan yg berimbng. Allah berfirman: Dan bersungguh-sungglh kalian(berjihadlh) dgn harta dan diri kalian. (QS. Al An'am 72). Dlm sbuah haditsny Rasulullah SAW bersabda: Seorang mukmin yg kuat lbh baik dan lbh dicintai Allah dr pada mukmin yg lemah dlm smua bidang.
|
||
![]() |
@beice | 17 October 08 |
Walopn dmk, Allah jg membimbing kaum muslimin utk menggunakn potensi doa scr maksimal. Sbgmn firman Allah dlm Al Qur'an Surat Al Mukmin ayat 60 yg artiny: Dan Tuhanmu berfirman: Berdoalah kalian, maka Aku akan mengbulkn doa untk kalian. Bukan hny sampe disini. Dlm pandangan Rasulullah SAW, doa bhkn menempati kedudukn yg pling inti dlm agama. Seprti sabda Rasulullah SAW di awal tulisan ini.
|
||
![]() |
@beice | 17 October 08 |
Ada bbrp hal yg kurang lbh melatarbelakangi sabda tsb. Pertama, bhw seseorng yg berdoa berati meyakini adany Allah. Artiny ktk seseorng itu berdoa berati ada keimanan di dlm hatiny. Tdk mgkn orng yg tdk meyakini adany Allah akan berdoa. Krn bg mrk utk apa memohon pertolongn dgn sesuatu yg tdk nyata. Atau kasarany utk apa berdoa kpd sesuatu yg tdk ada.
|
||
![]() |
@beice | 17 October 08 |
Kedua, ktk seseorng berdoa berati ia meyakini sifat2 Allah SWT. Ia meyakini bhw Allah adlh Tuhan Yang Maha Mendengar. Krn itu ia memohon dgn kata2. Ia meyakini bhw Allah Maha Tahu. Krn itu ia menyampaikn doany dimanpun ia berada. Ia meyakini bhw Allah bersifat welas asih. Krn itu seorng pendoa tdk pesimis dr Allah. Hatiny senantiasa pnuh hrp kpd Allah.
|
||
![]() |
@beice | 18 October 08 |
Ke3,seseorng yg berdoa berati mengakui keterbatasan kekuatany. Bhkn bg kalangan yg lbh tinggi lg tingkt spiritualny, berdoa berati pengakuan atas ketdkberdayaan total pd dirinya. Ia meyakini bhw kekuatan dan kekuasaan hnylah milik Allah semata. Hingga ia merasa tdk lg membuthkn siapapun kecuali Allah SWT. Ini adlh tingkt spiritualitas yg sngt tinggi dlm islam.
|
||
![]() |
@beice | 18 October 08 |
Dr ke3 hal diatas dpt diketahui bhw doa mrp salah satu ciri khas seorng mukmin. Khdpany selalu mrp keseimbngn antara upaya lahiriah dan doa. Dngn dmk slruh potensi hdupny lahir dan batin dpt ia pergunakn scr total dan sempurna.
|
||
![]() |
@beice | 18 October 08 |
Ada 2 hal yg kelihatanya berlawanan yaitu ridho dan doa. Ridho artinya seseorng itu menerima apapun pemberian Allah pd dirinya. Hal ini muncul krn seorng mukmin akan senantiasa memandang Allah sbg Tuhan Yang Maha Bijaksana (Al Hakim), Maha Mencintai Hamba-Nya (Al Waduud), dan Maha Pengasih Penyayang (Rahmaan Rahiim). Krn itu bg penilaian sbgan orng, sngt tdk beradab jk seseorng memprotes keputusan Allah dgn berdoa. Bukankah doa pd dsrnya meminta? Dan ktk meminta, berati seseorng memandang bhw pemberian Allah itu kurang? Atau jg bs berati bhw keputsan Allah tdk bjksana? Hingga bg klmpok ini, ridho lbh baik drpd doa.
|
||
![]() |
@beice | 19 October 08 |
Sbgn lain mengtkn bhw doa lbh baik drpd diam dgn alasan ridho. Hal ini krn doa adlh perilaku pr hamba pilihn Allah. Pr ulama, orng2 shaleh dr masa ke masa, pr Nabi dan Rasul, bhkn hngga m ia yg plng sempurna, Rasulullah SAW msh berdoa. Pdhl mrk adlh makhluk Allah yg plng utama dan terbaik. Bkn hny itu sj, Allah SWT dan Rasulullah SAW memerinthkn utk berdoa. Lalu, Pantaskah seseorng tdk berdoa kpd Allah? Patutkah dgn berbagai kenyataan seperti ini jk kmd seseorng meninggalkn doa?
|
||
![]() |
@beice | 19 October 08 |
Doa dan ridho adlh 2 hal yg tdk prlu dipertentangkn. Seseorng yg ridho bkn berati hrs meninggalkn doa. Sebaliknyapn, seseorang yg berdoa bukan berati ia tdk ridho. Hal ini krn antara doa dan ridho memiliki wilayah yg berbeda. Seseorng memang hrs ridho dgn ketetapan Allah, baik yg sdh lewat atau yg akan datang. Krn bgmpun jg, ketetapan dan pilihan Allah pasti lbh baik drpd ketetapan dan pilihan m ia. Namun prlu jg diingat, bhw doa adlh perintah Allah. Dan pelaksanaan perintah Allah hrs mjd prioritas seorng mukmin. Disamping doa jg mrp sunnah Rasulullah SAW. Dan pelaksanaan sunnah jg mrp perintah Allah.
|
||
![]() |
@beice | 19 October 08 |
Krn itulah seseorng yg berdoa sehrsnya lbh memfokuskan diri pd niat mentaati perintah Allah (Lillah). Tegasnya qt berdoa adlh semata-mata melaksanakn perintah Allah utk berdoa. Apapun hasil dr doa itu, semuanya qt serahkn kpd Allah. Apkh Allah akan memberinya sbgmn redaksi doa yg qt ucapkn, atau Allah memberi dlm bentuk lain, smua itu hrs qt terima dgn pnuh ridho kpd Allah.
|
||
![]() |
@isma1l | 20 October 08 |
Benar Akhi@Biece. BerDo'a ntu ada dua fi'il: 1. Johir, yaitu dgn tindakan. 2. Bathin, yaitu mengiringi tindakan yg dilakukan dgn memahami apa2 yg dilakukan. Jangan memisahkan antara kedua fi'il ini, jangan pula mencampurkannya.
|
||
![]() |
@isma1l | 20 October 08 |
Contoh: Ketika haus, lo ngambil air minum lalu lo minum deh, namun lo musti nyadar (hudurun qalbu) klo Allah-lah yg menganugerahkan kpd lo bwt ngilangin rasa haus ntu, Dia yg menggerakan lo ngambil air, yg menjadikan air, yg menjadikan rasa n yg menjadikan segala2nya bwt lo, maka lo mengucap bismillah ketika mulai n mengucap hamdalah ketika hilang rasa haus lo, betapa nyata Allah ngabulin do'a lo. Tapi kebanyakan lo kufur nikmat, lo nyangka usaha lo ato air ntu lah yg jadi sebab hilang haus lo, lo kgk ingat klo Allah yg menjadikan diri lo n apa2 yg lo kerjakan.
|
||
![]() |
@bisa2aja | 21 October 08 |
Menyimak..-memahami...
|
||
![]() |
@xram2 | 23 October 08 |
Do'a dalam bahasa kita artinya meminta. Didalam qur'an dijelaskan dan dijanjikan oleh alloh *ud'uni astajib lakum, mintalah niscaya aku qabul kan. Itu adalah suruh dari alloh, walaupun suruh disana adalah suruh sunat menurut hukum syari'at. Janji alloh mengabulkan do'a stiap hamba2nya, tapi knp stelah skian lama kita berdo'a nmun tdk dikabulkan jg? Mustahil alloh mungkir akan janjinya. Maka pastinya ksalahan itu trletak pada kita yg berdo'a. Dlm setiap amalan sudah tentu memiliki syarat2 yg mesti dipenuhi. |
||
![]() |
@xram2 | 23 October 08 |
Dmikian halnya dlm brdo'a, tentu jg ada syarat2, al= 1.kenal dn dikenal. Mengenal kpd siapa kita meminta dn yg memberi jg kenal kpd kita. Ini jadi syarat utama dalam berdo'a. Ibarat didunia ini saja, kita mesti kenal baik pd seseorang jika ingin meminta kpdnya. Jika kita minta ma org yg ga kita kenal, dia ga akan memberi apa yg kita minta. Jadi mengenal alloh ta'ala dulu, dan jadikan diri kita dari gol hambanya bukan sekedar makhluknya, baru do'a itu mustajab dan dikabulkan.
|
||
![]() |
@xram2 | 23 October 08 |
2.waktu dan tmpt berdo'a. Memang kapan dan dimana saja tdk ada batasan dalam berdo'a. Tapi ada wkt2 yg afdol untuk berdo'a dimana saat itu babul rahmat terbuka. Dan wkt itu do'a2 sering diperkenankan. Dua waktu itu, yakni sebelum maghrib pergantian siang dan malam, dan menjelang fajar shiddiq, pergantian malam dngan siang. sbelumnya taubat dulu atas dosa2 siangnya pd wkt menjelang maghrib dan taubat atas dosa malam pd wkt menjelang fajar. Kemudian baru berdo'a insya alloh.
|
||
![]() |
@xram2 | 23 October 08 |
Yg ke 3, tau dan faham dngn apa yg diminta. Jangan meminta sesuatu dngn hal yg kita tdk tau untuk apa. Misalkan kita minta dikuatkan iman, kita mesti tau apa itu iman. Jika kita minta umur yg panjang, kita mesti tau untuk apa kita dihidupkan. Yg jelas, kita mesti benar2 tau dengan apa yg kita minta. Seterusnya menjaga adab dalam berdo'a dengan tidak berdo'a panjang2, tidak bersajak-sajak, suci hadast kecil dan besar, menengadahkan tangan menghadap kiblat. |
||
![]() |
@xram2 | 23 October 08 |
Jika selama ini kita telah berdo'a namun tiada dikabulkan, maka tilik kembali ke diri kita, sudahkah syarat2 do'a tsbt telah kita penuhi? Yg lebih tau tentang diri kita sudah tentu diri kita sendiri. Mustahil jika alloh ta'ala tdk mengabulkan do'a hambanya sedangkan DIA telah berjanji dalam al-qur'an, mintalah, niscaya aku kabulkan. Tentunya kesalahan itu ada pada diri kita yg tdk sah pada syarat2 meminta itu. Kemudian apakah hanya org2 yg mengenal akan DIA yg do'anya dikabulkan?? |
||


