@awam | ||
Bismillahirrahmanirrahiim. Alhamdulillahirabbil 'aalamiin, ashalaatu wassalaamu 'ala asrafil anbiya i wal mursaliin sayidina Muhammad SAW wa ashabihi, ajma'iin. Qoolal mu'alifu rahimullahi ta'ala wana fa'ana wa ulumihi wa barakatihi, Amin. Qoolal musshannif. |
||
61
Replies
11824
Views
0 Bookmarks
|
Page #: 1/8 |
@awam | 15 November 06 | |
Topik ini khas bagi mutawasit atau salik yang khawas untuk membahas yang ajaib2 dan ghaib didalam diri, tiada dapat didustakan kenyataan betapa Hebat Allah Ta'ala menjadikanmu sesempurna-sempurnanya makhluq. Bermula yang ajaib itu Rahasia Allah, dan engkau disuruh memperhatikan dirimu supaya mengenal Dia. FirmanNya: wa fii anfusikum afala tubsiruun? Artinya, didalam dirimu tidakkah engkau perhatikan? Dan sabda Nabi SAW: man arafa nafsahu faqad arafa rabbahu. Barang siapa mengenal dirinya maka mengenal Tuhannya. Inilah yang sebenar khalifah dimuka b*mi! Dan khalifah mustahil ada 2 atau lebih.
|
||
@awam | 15 November 06 | |
Rahasia Ketuhanan inilah yang disebut Latifatu Rabbaniyah. Makna pertama adalah yang zahir Seketul daging yang menjadi raja dikerajaan jasad, makna kedua adalah yang bathin dan ajaib, barang ini basit (tunggal) pada alam, tidak bersusun2 dan tidak berbilang2. Tetapi mempunyai empat kelakuan yang melazimkan empat nama.
|
||
@awam | 15 November 06 | |
Yang pertama ia mengetahui hakikat ada atau tiadanya sesuatu, maka ia dinamakan AQAL.
|
||
@awam | 15 November 06 | |
Yang kedua ia menghidupkan fungsi2 pada seluruh anggota tubuh sesuai qadar keadaan tubuhnya, maka ia dinamakan RUH.
|
||
@awam | 15 November 06 | |
Yang ketiga ia merasakan/menyaksikan khabar yang disandarkan pada masing2 anggota tubuhnya hingga ia berkehendak untuk bersedap2 pada senang, kenyang, menang dan tenang. Maka ia dinamakan NAFSU.
|
||
@awam | 15 November 06 | |
Yang ke empat ia mengingat/menyimpan khabar. Maka ia dinamakan Hati atau QALBU.
|
||
@awam | 15 November 06 | |
Maka Aqal, Ruh, Nafsu dan Qalbu adalah satu, nama berbeda karena fi'il/kelakuan yang berbeda. Ibarat besi, kalau digunakan untuk memotong kayu dinamakan gergaji, kalau mencincang sayuran disebut pisau, kalau menebang pohon dinamakan kapak, kalau memalu dinamakan palu. Tetapi barangnya satu, yakni besi.
|
||
@awam | 15 November 06 | |
Latifatu Rabbaniah mempunyai dua makna. Makna yang pertama adalah makna yang zahir yakni buah hati sanubari, dalam kedokteran disebut jantung. Barang ini ada pada dada sebelah kiri insan. Lazim ada pula pada Heiwani.
|
||
Tauhid Forum
Bookmarks
Tauhid